DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN SERUYAN

Rapat Pembentukan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (Jaman Anda) Kabupaten Seruyan

Keamanan pangan merupakan hal yang sangat penting pada pangan yang akan dikonsumsi oleh seluruh masyarakat. Pangan yang bermutu dan aman yang dihasilkan dari rumah tangga maupun industri pangan adalah salah satu faktor penentu beredarnya pangan yang memenuhi standar mutu dan keamanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam hal pengawasan pangan adalah dengan membentuk Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JAMAN ANDA) di Kabupaten Seruyan. Tim JAMAN ANDA terdiri dari beberapa stakeholder terkait, baik stakeholder internal maupun eksternal yang saling berkoordinasi dalam mengawasi keamanan pangan di Kabupaten Seruyan sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sehubungan dengan hal tersebut telah dilaksanakan Rapat Pembentukan Tim JAMAN ANDA secara virtual via zoom meeting pada hari Kamis, 19 Agustus 2021. Peserta Rapat Pembentukan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JAMAN ANDA) Kabupaten Seruyan memasuki room zoom meeting yang difasilitasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan dengan alamat link zoom meeting https://zoom.us/j/2549951288?pwd=bXhsNkFwNIdvcEFHZEZ2eW8wNDVDdz09.

Rapat dipandu oleh moderator rapat yaitu Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Ibu Aisyiah, S.TP. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Rapat yang disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Bapak Albidinnor, SP.

Pada kesempatan ini juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan, yaitu Bapak Drs. H. Djainuddin Noor, beliau memberikan arahan sebelum Rapat Pembentukan Tim JAMAN ANDA dimulai. Paparan tentang Pembentukan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah disampaikan oleh Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah Angkatan I Tahun 2021, Laila Kusuma Fitri, S.Pt, M.Si.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan, Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kepala Bidang Industri, Kasi Perdagangan Dalam Negeri, Kepala Bidang Perkebunan, Kasubbag Perekonomian Setda, Kasi Konsumsi Pangan, Kasi Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Kasi Ketersediaan Pangan, Kasi Kerawanan Pangan, Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kasi Produksi Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran, Kasi Penyuluhan, Kasi Produksi Perkebunan, dan Pengelola Website Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan.

Dari diskusi dengan peserta rapat terdapat beberapa masukan diantaranya dari Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan Kabupaten Kotawaringin Barat adalah untuk mendukung kegiatan teknis agar dapat ditambahkan Koordinator Penindakanpada Kelompok Kerja Jejaring Intelijen Pangan, dan Koordinator Pemeriksaan pada Kelompok Kerja Jejaring Pengawasan Pangan. Sedangkan masukan dari Kepala Bidang Industri adalah untuk mempermudah koordinasi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Seruyan perlu ditambahkan Kabid Perdagangan, Kasi Industri Hasil Pertanian dan Kehutanan, dan Kasi Industri Logam, Mesin, Elektronik dan Aneka pada Kelompok Kerja Jejaring Promosi Keamanan Pangan. Terdapat pula masukan dari Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan tentang sistematika dan format penulisan pada Draft SK Pembentukan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah Kabupaten Seruyan. Untuk Kabid Perkebunan memberikan masukan perlu koordinasi dengan tim lain yang terkait dengan pangan, misalnya Satgas Pangan untuk mensinergiskan kegiatan yang berkaitan dengan pangan daerah.

Pembentukan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JAMAN ANDA) Kabupaten Seruyan yang telah disepakati susunan keanggotaan dan uraian tugas tim nya akan ditetapkan dengan Keputusan Bupati Seruyan. Diharapkan tim ini dapat mengoptimalkan pengawasan keamanan pangan di daerah, khususnya di Kabupaten Seruyan sehingga pangan yang berdar di masyarakat merupakan pangan yang aman untuk dikonsumsi dan tidak mengganggu kesehatan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.