SEKILAS INFO

     » Selamat Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober 2020.
Jumat, 16 September 2016 - 22:49:44 WIB
PANEN PERDANA DESA ULAK BATU KECAMATAN DANAU SEMBULUH
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pojok Informasi - Dibaca: 619 kali

DESA Ulak Batu - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan menggelar syukuran panen perdana padi, Senin (15/2/2016) yang diselenggarakan di Desa Ulak Batu Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah (Kalteng). Acara yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB ini dihadiri Bupati H. Sudarsono, SH dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan H. Sugian Noor, SPt., SE., MP.
Meski penanaman padi dilakukan di lahan rawa dan bergambut, hasil panen perdana para petani Desa Ulak Batu terbilang menggembirakan. Berdasarkan hasil pengubinan Distanak Seruyan, setiap hektare lahan pertanian Desa Ulak Batu mampu menghasilkan padi rata-rata 4,057 ton/ha dengan varietas yang ditanam sebagian besar padi lokal.
Dalam pidatonya, Bupati Seruyan menyampaikan apresiasinya “Ini tentulah hasil yang menggembirakan. Hasil panen yang sebesar ini tentu menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,”
Berdasarkan data Distanak Kab. Seruyan menyebut, luasan areal tanam di Kabupaten Seruyan pada 2016 sudah mencapai lebih dari 10 ribu ha, lebih besar dari luas tanam yang ditargetkan Pemerintah Provinsi Kalteng, yakni 8.000 ha.
Kepala Distanak Kab. Seruyan H. Sugian Noor, SPt., SE., MP dalam pidatonya menyampaikan bahwa "Syukuran panen perdana di Desa Ulak Batu sebagai media pencipta kompetisi antardesa. Semangat kompetisi ini diharapkan akan mendorong upaya pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Seruyan".
 
DSC01703
 
Menurut Anggota Komisi IV DPR RI asal Daerah Pemilihan Kalteng H. Hamdhani, S.IP., M.Sos "Sangat mendukung pengembangan pertanian di Bumi Tambun Bungai, termasuk yang dilakukan Pemkab Seruyan. Lewat Komisi IV yang membidangi masalah pertanian, kami telah mendorong program-program bantuan agar upaya mewujudkan ketahanan pangan bisa berhasil.”
Program-program yang telah terealisasi antara lain pemberian bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang dialokasikan pada APBN 2015, yakni traktor roda dua dan pompa air. Bantuan tersebut ditambah lagi dengan bantuan traktor roda dua, pompa air serta traktor roda empat dan rice transplanter pada APBNP 2015 yang berjumlah lebih dari 100 unit. Belasan traktor roda dua dan pompa air juga telah disalurkan kepada para petani di Kabupaten Seruyan. “Untuk alokasi APBN 2016 kami telah mengusulkan 200 unit traktor roda dua, 200 unit pompa air, 10 unit traktor roda empat, dan 20 unit rice transplanter.



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)